02 Februari 2018

Providence

Providence dari kata latin providere. Pro=depan, videre=melihat, artinya to foresee, melihat ke depan.
Ada tindakan preserving/menjaga/merawat dan guiding/menjaga.
Matius 6:25-26 (TB)  "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?
Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?
Tuhan bukan cuma menciptakan bendanya (material) tapi juga hukum yang mengatur dalam pengelolaannya.
Berkuasa dan menaklukkan bukan untuk mengeksploitasi tapi merawat, memelihara, menuntun dan mengatur.
Seperti pemerintah terhadap rakyat. Pemerintah berkuasa terhadap masyarakat, masyarakat tunduk pada pemerintah. Tapi bukan dalam rangka supaya pemerintah mengeksploitasi masyarakat tapi dalam rangka membimbing, merawat, memelihara, dan memberdayakan masyarakat. Begitu juga dalam relasi orang tua terhadap anak. Ortu jadi perpanjangan tangan Tuhan bagi anak dalam menjaga, merawat, membimbing, dan memberdayakan anak.
Jika kita percaya bahwa segala sesuatu tidak terjadi secara kebetulan, adalah bentuk pengakuan kita akan providensia Tuhan, pengakuan akan jaminan bahwa Tuhan hadir dan secara aktif berpartisipasi dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Abadikan Kenangan di Sekolah Melalui Fotografi

Kenangan adalah bagian integral dari perjalanan pendidikan kita. Dari berbagi tawa dengan teman-teman sekelas, sampai penyelesaian studi dan...