04 Februari 2018

Cloud Storage

PROLOG
Tulisan berikut ini agak panjang tapi original, bukan copas. Yang saya tag, maaf jika tak berkenan.
MASIH PAKAI FLASHDISK?
Flashdisk (dikenal dengan USB) amat sangat tidak bisa diandalkan, terlalu ringkih. Ukurannya yang kecil membuat dia gampang terselip atau bahkan masuk mesin cuci. Kodratnya dicolok di banyak komputer sebagai media transfer data, menjadikannya sarang virus.
Pakai Harddisk external maupun internal juga belum tentu aman, karena HDD bisa rusak sewaktu-waktu, apalagi kalau HDD sudah mulai mengeluarkan suara-suara aneh. Buruan cepat diganti deh!
Sekarang orang beralih ke Cloud Storage, ini bukan teknologi yang baru banget tapi masih banyak yang belum memanfaatkannya dengan baik. Cloud Storage itu tempat kita menyimpan files di "awan" (padahal sebetulnya di server).
SIMPAN FILE APA?
Cloud Storage tidak hanya bisa menyimpan foto, tapi bisa video, bisa Word, Excel dan dokumen lain-lain. Kalau saya sih menyimpan hasil scan beberapa dokumen penting misal KTP, KK yang suka dimintain filenya, jadi sewaktu dibutuhkan tinggal dikirim linknya atau kita download dan email.
Selain itu pekerjaan-pekerjaan kantor juga ditaro di Cloud Storage jadi files tsb bisa diakses dari manapun dan langsung diedit online (tidak perlu didownload dulu, diedit, lalu diupload lagi). Sekarang foto dan desain juga udah semuanya di Cloud Storage.
PLUS DAN MINUS
+ Banyak yang kasih gratis, kapasitas mulai 1GB sampai 100GB
+ Teknologi synchronize (auto update)
+ Ada app HP dan desktop jadi bisa kerja di mana saja
+ Sejauh ini sangat aman
+ Bisa langsung diedit online tanpa perlu didownload dulu
+ Ada sebagian yang kapasitasnya bisa bertambah, kalau kita mengundang teman, menginstall app, menonton iklan, dst
- Amat sangat mengandalkan jalur internet (paket data di HP atau WiFi rumah/kantor) sebagai lalu lintas data
- Ada sebagian yang kapasitasnya segitu aja, gak bisa bertambah
- Mengandalkan kepercayaan/trust kita untuk menempatkan data-data penting kita di sana, sebetulnya sama seperti kita mempercayai Flashdisk menyimpan data
- Jangan diisi sama data-data rahasia perusahaan apalagi negara, terlalu riskan jika disimpan di storage gratisan. Meskipun kemungkinannya kecil, tapi ada kemungkinan dihack atau diterobos orang tak bertanggungjawab.
(silakan kalau mau menambahkan)
SYNC
Synchronize itu memungkinkan kita mengupdate file kita dari HP, lalu saat buka komputer, synchronize, dan file terbaru juga ada di komputer kita. Dan begitu sebaliknya. Jadi gak harus ngerjain tugas di komputer saja, tapi bisa kerja di mana saja dengan device apa saja yang tentunya bisa terhubung dengan akun Cloud Storage kita.
COLOK FLASHDISK TIBA2 KENA VIRUS!!!
Itu hal biasa untuk para pengguna Flashdisk. Kita bisa jantungan begitu lihat Flashdisk kita seakan-akan kosong sesudah nyolok di Komputer Lab atau di Warnet. Itu salah satu gejala kena virus.
Jadi kalau mau pindahin data ke komputer orang lain, misal ke komputer umum seperti tempat cetak foto, kita tinggal tandai file atau folder dan dikirim sebagai link, nanti di komputer tujuan tinggal didownload. Jadi tidak lagi harus colok flashdisk dan tidak usah takut kena virus.
MAAF SAYA SEBUT MERK YAA
Tentu kita sudah dengar Google Drive atau Dropbox. Mungkin dua itu yang paling terkenal. Padahal ada banyaaak sekali yang lain: OneDrive, Box.com, Mega.nz, Degoo, pCloud, dan lain-lain.
Dropbox sempat jadi idaman karena waktu itu belum tahu dan belum percaya yang lain. Dropbox juga bisa tambah kapasitas penyimpanannya.
PCloud juga memberi layanan gratis 10GB dan dengan mengikuti link https://www.pcloud.com/lifetime/ kamu bisa berkesempatan memenangkan 500GB seumur hidup.
Sesudah itu Mega.nz menarik banget karena mereka kasih gratis 50GB. Proses sync lancar, tidak ketemu masalah berarti.
Yang terakhir ini saya pakai Degoo.com karena mereka kasih 100GB GRATIS! Desktop app juga sudah diinstall. Ada program nambahin kapasitas storage dengan rekomendasi teman +3GB/orang (sampai 500GB), nonton video iklan +1GB/video (unlimited), atau beli jasa mereka (2000GB) dengan harga $9.99/bulan, cukup terjangkau.
Klik https://cloud.degoo.com/drive-ba0drfdlk0eh dan buat akun baru kalau kamu mengapresiasi info ini :)
Happy Sunday guys. God bless!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Abadikan Kenangan di Sekolah Melalui Fotografi

Kenangan adalah bagian integral dari perjalanan pendidikan kita. Dari berbagi tawa dengan teman-teman sekelas, sampai penyelesaian studi dan...