Anak TK bicara menikah

Pulang sekolah hari ini, Bhima bilang, "Aku mau pacaran sama Adisti"
Kali ini sudah gak kaget karena kali ini bilangnya 'cuma' pacaran. Sebelumnya Bhima pernah bilang mau nikah sama Maris, Retha, dan pernah sebut nama beberapa gadis lain.
"Kenapa kok mau pacaran sama Adisti? Emang dia baik?"
"Iya dia baik.. *senyum*"
Aku gak begitu ingat dulu awal 80an pergaulan anak2 TK seperti apa, tapi rasanya gak pernah bicarain soal pacaran, apalagi menikah. Seingatku waktu SD pas sudah ada rasa 'kesetrum' saat tak sengaja adu mata dengan seorang gadis yang cantik, topik-topik seputar suka dengan si dia, pacaran, malah justru dihindari.
Balik lagi ke Bhima saat pertama kali dengar dia mau menikah dengan teman sekelasnya. Kaget, panik, mengira-ngira siapa yang dia tiru, bahkan berusaha mengingat-ingat pelajaran Psikologi Perkembangan anak usia balita, rasanya kok gak ingat pernah disinggung tentang anak balita bicara soal pernikahan..
Tapi ketika kita tidak langsung menghakimi, melainkan justru menggali apa yang dia maksudkan, seberapa jauh pemahamannya tentang pacaran dan pernikahan, kita justru sadar bahwa tidak perlu ada yang dikuatirkan.

Yakobus 1:19-20 (TB)  Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;
sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.

James 1:19-20 (ESV)  Know this, my beloved brothers: let every person be quick to hear, slow to speak, slow to anger;
for the anger of man does not produce the righteousness of God.

http://www.bibleforandroid.com/v/7515ddb1ad2c

Comments

  1. Tiyooo.. bulan lalu jojo tiba2 ya bilang kl dia mau nikah dgn mantan teman sekolahnya (di manado). Mmg sewaktu di mdo 2 anak ini dekat. Bahkan pernah minta ke kami (mama2 yg jemput) utk main ke mall berdua, like a playdate. Dan mereka kompak banget. Di kelas jojo suka membantu teman cantiknya ini belajar. Positif kt gurunya. Eniwe.. setelah berpisah jauh mwreka saling kangen2an. Minta bikin video utk menyapa, kirim via ig or bbm (mamanya). Tp waktu bilang mau nikah.. kaget gw. Kok bisa mikir itu? Nikah tu apa sih? Bagi jojo seperti papa mama di foto nikah (foto pigura besar). Dan dia minta direkam video dimana dia bilang ke temannya itu kl sudah besar nikah sm jojo yaaa.. ga gw setting kata2nya. Pada usia 5th 2 bulan, anak gw sdh ngajak nikah anak orang. Papa temannya sampai ketawa terpingkal2...

    ReplyDelete

Post a Comment