18 Oktober 2017

Manners maketh man


"Manners maketh man," begitu slogan film Kingsman (2015) yang juga disebut dalam lirik lagu "Englishman in New York" yang dinyanyikan Sting (1987), ini bait lengkapnya:
     If "manners maketh man" as someone said
     He's the hero of the day
     It takes a man to suffer ignorance and smile
     Be yourself no matter what they say



Manner, dalam bahasa Inggris dijelaskan sebagai a person's outward bearing or way of behaving toward others dan juga polite or well-bred social behavior. Penjelasan ini baik sekali, karena bukan sekadar sikap atau gaya, tapi bagaimana bersikap dengan baik terhadap orang lain, perilaku sosial yang santun sebagai hasil bagaimana seseorang dibesarkan.

Manner ini penting sekali dalam kita berelasi dengan orang lain. Kita merasa tidak nyaman jika harus bekerjasama dengan orang yang "gak manner" karena potensi konfliknya lebih besar. Boleh jadi kusimpulkan good manner (sikap yang baik) dapat menjauhkan seseorang dari masalah yang tidak perlu.

Pagi ini ada kejadian di rumah. Anak kost yang tinggal di rumahku melanggar peraturanku, lalu aku tegur tapi malah dia ngeles dan ngotot. Kubilang sama dia, "Kalau kamu sudah tahu salah, melanggar aturan, seharusnya kamu minta maaf, bukan malah ngotot."
Dia tidak berani menatap mataku secara langsung, itu tandanya dia sudah mengakui kesalahannya.
"Saya menegur ini bukan untuk merendahkanmu tapi untuk mengajarmu. Tidak ada sekolah yang mengajarkan bagaimana bersikap, kamu harus bersikap baik karena kamu sudah mau masuk ke dunia kerja."

Sesudah kutegur secara langsung, tak lama kemudian dia marah pada istriku lewat telpon. This is unacceptable!
Dia minta kebebasan, jadi ia merasa tidak bebas tinggal di rumahku. Entah seperti apa ia dibesarkan di rumahnya, apakah tidak ada aturan yang jelas, atau penegakan aturannya yang lemah.

Lucunya lagi, anak ini tinggal di rumahku dalam masa anugerah, artinya dia tidak bayar tambahan untuk 3 hari sesudah masa kostnya berakhir, sampai dia kembali ke kota asalnya. Sudah tidak bayar, melanggar peraturan lalu ditegur, malah marah.

Duh, susahnya mengajarkan manner pada orang yang sudah terlanjur dewasa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Abadikan Kenangan di Sekolah Melalui Fotografi

Kenangan adalah bagian integral dari perjalanan pendidikan kita. Dari berbagi tawa dengan teman-teman sekelas, sampai penyelesaian studi dan...