Perpanjang STNK dan Ganti Plat No Mobil

Hari ini sama bokap ke Samsat Ciputat perpanjang STNK dan ganti plat no. Pergantian ini rutin tiap 5 tahun, kalo cuma bayar pajak STNK doang rutin tiap tahun. Dulu-dulu minta bantuan orang tapi sekarang dia udah pindah.
Kami berdua ngurus di Samsat Ciputat, lebih dekat daripada musti ke Polda Metro di Jl. Sudirman. Supaya gak tertunda, habis nganter Bhima sekolah langsung berangkat ke sana.
Sampai Samsat ternyata parkiran sudah penuh. Ada seorang Polisi yang ramah menjaga pintu dan menyapa, seperti Satpam di Bank. Berhubung dia pakai seragam Polisi, tentu kita menghormatinya beda dengan Satpam. Selain sopan, ternyata sangat informatif. "Untuk ganti plat, langsung ke belakang saja mas, cek fisik." Siap, pak.
Lalu mobil dibawa ke belakang, sambil menunggu fotokopi dulu. Beli map, lalu fotokopi STNK, KTP, lalu.... OMG!! Lupa bawa BPKB. "Pap, BPKB mana?" "Yah lupa, masih di SDB. Musti ambil kunci dulu di rumah." Wah, ribet. Akhirnya nekat aja tanya sama petugas cek fisik, bisa gak tanpa bawa BPKB? Surprisingly, dia jawab "Bisa!" Yessssss :)
Setelah urusan di belakang selesai, map dibawa ke dalam gedung.
Di lantai bawah, ada loket kita ambil Formulir blanko.
Lalu naik ke atas (lantai 2), masukin map yang hasil cek fisik. Oiya berhubung gak bawa BPKB, harus ke lantai 1 lagi untuk dicap checklist dan bayar Rp.25.000.
Setelah masukin berkas di lantai 2, kemudian tunggu dipanggil di loket kasir untuk bayar, lalu tunggu lagi di loket pengambilan STNK.
Setelah itu turun ke lantai 1 masukin STNK yang sudah jadi untuk diproses pembuatan plat no.
Tertulis maksimal 45 menit untuk 10 pasang. Tapi nyatanya bisa jadi cepat, hanya 15 menit.
Voila! STNK sudah diperpanjang dan plat no mobil baru.
Busetttt, kok plat barunya gede banget. Ini gambar perbandingannya:
Secara keseluruhan, sangat puas dengan pelayanan Samsat Ciputat dan Polisi yang ramah dan tidak adanya calo. Selamat untuk reformasi birokrasi di tubuh Polri. Ikut bangga!

Comments