Abu-abu

Abu-abu adalah warna favoritku. Bagus dikombinasikan dengan warna-warna cerah seperti kuning, oranye, merah, cyan, magenta, fuschia, dst. Grey is the new black. Foto black and white pun sesungguhnya bukanlah hitam dan putih saja, justru di sana banyak variasi abu-abu atau shades of grey.
Sesungguhnya tak ada yang benar-benar hitam dan putih, kecuali mungkin beberapa hal si dalam sebuah doktrin atau prinsip-prinsip keagamaan. Sementara dalam prakteknya, dalam hidup keseharian selalu berada di shades of grey tersebut. Pilihan-pilihan hidup seperti karir, studi, kapan melakukan sesuatu, kemana mau pergi, dengan siapa kita beraktifitas, dst tidak ada yang yang mutlak pasti salah atau pasti benar.
Dalam hidup yang serba abu-abu ini, kita harus tahu mengenai putih (hal yang benar dan bahkan *Kebenaran sejati) dan hitam (salah secara logika wajar dan bahkan agama). Kedua hal ini dibutuhkan untuk kita tahu batasan-batasan ekstrim.
Sementara dalam memilih di gradasi abu-abu, bisa juga memilih grey 18% supaya warna netral, tidak terlalu kuning atau biru atau merah (ini dalam fotografi ya, hehe)

*) Dengan huruf besar karena dipersonifikasi melalui keilahian Tuhan Yesus

Comments