13 April 2019

Road to mastery

Ada mitos dalam masyarakat yang mengatakan untuk menjadi master atau menguasai suatu hal, dibutuhkan 10.000 jam berlatih. Berapa lama sih 10.000 jam? 10.000/24 jam = hampir 417 hari non-stop. Atau jika dalam sehari berlatih 3 jam secara konsisten, berlatihlah selama 3.333 hari (9 tahun 1 bulan 18 hari).

Jika kamu mau menjadi master dalam gitar seperti Lucas Brar di video berikut ini, kamu perlu berlatih setiap hari dan tidak hanya 10-20 menit, tapi berjam-jam. Setiap hari!
PS: Mungkin aja Lucas gak menganggap dirinya udah master dalam bermain gitar lho ya, mungkin aja dia bilang masih belajar, masih berproses. Biasanya sih orang jago rendah hati begitu :-)


Kalau saya mau menjadi master dalam menulis blog, mungkin butuh 20 tahun lebih.. Wah apa masih ada blog ya 20 tahun lagi? Tapi kalau konsisten menulis 1 posting saja setiap hari, dalam 3-5 tahun kan sudah ada lebih dari 1000 posting blog, siapa tahu ada media massa yang mau memuat tulisanku.

Saya sih yakin kalau sudah dapat polanya, dalam sehari bisa menulis lebih dari 1 posting. Saya hanya perlu menangkap ide yang selalu lewat dan menerjemahkannya dalam tulisan. Selamat membaca ya guys! God bless y'all..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Abadikan Kenangan di Sekolah Melalui Fotografi

Kenangan adalah bagian integral dari perjalanan pendidikan kita. Dari berbagi tawa dengan teman-teman sekelas, sampai penyelesaian studi dan...